Rabu, 18 Juli 2012

Partikel Tuhan Bukan TUHAN

Di media sekarang ini ramai sekali membicarakan penemuan Higgs Boson alias Partikel Tuhan. Bukan berarti fenomena ini sebagai wujud masyarakat (awam seperti saya) sudah konsen dengan ilmu Fisika. Yang menjadi menarik adalah ada sangkut paut kata TUHAN disitu. Sekali lagi saya tidak bermaksud menjelaskan apa itu Higgs Boson yang menurutku adalah kajian yang begitu membuatku 'bosan' apalagi banyak kalangan orang beragama mengkaitkannya dengan 'Tuhan'. Penjelasan tentang Higgs Boson secara ilmiah dan rinci bisa di search sendiri oleh siappun yang memiliki ketertarikan dibidang ini secara jelas dan gamblang tanpa perlu pemahaman dari saya yang tak cerdas ini.
Sejarah sangkut paut kata Tuhan itu pada penemuan Higgs Boson bermula dari seorang Ilmuwan Fisika yang pernah mendapatkan Nobel pada tahun 1988 dari penelitiannya bersama  Melvin Schwartz and Jack Steinberger dalam tesis "for the neutrino beam method and the demonstration of the doublet structure of the leptons through the discovery of the muon neutrino". jangan tanya tentang apa itu yang mereka kerjakan, saya cuma mengutip dari empu google koq.
Lederman memberikan nama ini untuk partikel yang menurutnya begitu penting dalam ilmu fisika untuk pemahaman kita tentang struktur materi, namun begitu sulit dipahami, sehingga dia memberikannya nama panggilan 'goddamn particle'  dalam sebuah bukunya If the Universe Is the Answer, What Is the Question? yang mana konotasi kata tersebut kurang sopan. Sehingga oleh editor bukunya tersebut tanpa sepengetahuan Lederman diganti menjadi 'God Particle'.
Jadi sepenting apa Partikel Tuhan itu sehingga topik ini lebih heboh daripada gosip kematian Yasser Arafat, SBY sebagai Lame Duck President oleh the Economist, Skandal Century sampai Korupsi kitab suci.  Terlepas bahwa orang-orang begitu mencandu dengan Tuhannya masing-masing, partikel ini memiliki peran terhadap semua elemen penyusun semesta ini dalam hal memberikan massa. Jadi secara awam biang kerok bahwa elemen dijagad raya ini sehingga memiliki massa ya partikel Tuhan ini dimana pada awal 1960-an ketika teori ini muncul banyak ilmuwan skeptis bahwa partikel ini bisa ditemukan, sampai-sampai Stephen Hawkins salah seorang manusia tercerdas dimuka bumi kalah taruhan kalau penemuan ini tidak akan terjadi.
Jadi menurut saya tulisan ini sekedar mengkritik orang-orang yang heboh mengkait-kaitkan penemuan Higgs Boson dengan Tuhan apalagi asmaul husna, please dech....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More